Electronic Resource
Pengembangan Media Papan Kubus Aksara Jawa (Pakuraja) Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Pada Siswa Kelas V SDN Sukun 1 Malang
Kondisi di lapangan proses pembelajaran masih menggunakan media yang seadanya tanpa adanya pengembangan, hal tersebut mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar, maka dibutuhkan media yang menarik dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas V, materi bahasa Jawa khususnya aksara Jawa cukup sulit untuk siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran PAKURAJA (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran PAKURAJA 3) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran PAKURAJA. Metode penelitian yang digunakan peneliti merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi enam tahapan yakni: (1) Research and Information Collection atau penelitian dan pengumpulan data 2) Planning atau perencanaan (3) Develop Preliminary form of Product atau pengembangan draf produk awal, 4) Main Product Revision atau revisi produk utama, (5) Preliminary Field Testing atau melakukan uji coba lapangan awal, (6) Main Field Testing atau uji coba lapangan untuk produk utama. Subjek uji coba adalah 31 siswa kelas VA SDN Sukun 1 Malang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi kelayakan ahli media, lembar validasi kelayakan ahli materi, angket respon kepraktisan guru, angket respon kepraktisan siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran papan kubus aksara Jawa (PAKURAJA) menggunakan model Borg & Gall dan menyatakan bahwa media PAKURAJA memperoleh persentase skor validasi kelayakan gabungan oleh ahli dan calon pengguna (guru) sebesar 93% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk menunjukkan skor respon kepraktisan gabungan oleh siswa pada tahap uji coba lapangan awal dan uji lapangan utama sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas media pembelajaran PAKURAJA dikategorikan “Sangat Layak” dan “Praktis” digunakan di lapangan. Hasil pengembangan media pembelajaran PAKURAJA dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif media pada pembelajaran aksara Jawa serta dapat digunakan sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan media pembelajaran.
2131812/SB/2019 | KKI 372 SHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain