Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Demontasi Virtual Untuk Mingkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa di SMP Diponegoro Dampit 2015/2016
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Demontrasi Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Diponegoro Dampit 2015/2016” penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Diponegoro Dampit.
Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMP Diponegoro Dampit yang berjumlah 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah demontrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah koknitif, sedangkan obsrevasi digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siswa meningkat dari Sebelum dilakukan tindakan rata-rata yang dicapai adalah 59,85, diakhir siklus I sebesar 67,65 dan diakhir siklus II mencapai 73,74. Berdaasarkan hasil observasi persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 79,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,06%, sedangkan motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 69,5% menjadi 80,63% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis demontrasi virtual berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII D di smp diponegoro dampit 2015/2016.
2131809/SB/2019 | KKI 530 FRE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain