Electronic Resource
Peningkatan Prestasi Dan Minat Belajar IPA Dengan Menggunakan Permainan Tebak Kata Pada Siswa Kelas V SDN Sawahan 03 Turen
Kurangnya siswa terlibat dalam pembelajaran dan membuat siswa menaruh perhatian yang kurang pada mata pelajaran IPA. Perhatian yang kurang membuat siswa tidak dapat fokus dalam menerima pesan dan isi materi pembelajaran, yang kemudian berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan media Tebak Kata dan untuk mengetahui berapa persen peningkatan prestasi dan minat belajar IPA menggunakan media Tebak Kata. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang terdapat 4 tahap, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data deskriptif kualitatif. Data kuantitatif untuk meneliti hasil evaluasi dan hasil tes formatif, sedangkan data kualitatif untuk meneliti hasil dari lembar pengamatan dan lembar angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sawahan 03 Turen, dengan jumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan terhadap penggunaan permainan Tebak Kata pada prestasi dan minat belajar IPA bahwa:(1) Memperoleh hasil presentase prestasi belajar siswa menggunakan evaluasi belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 84,61, dengan persentase tuntas belajar klasikal (TBK) 88,46%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,65 dengan persentase TBK sebesar 96,15%. (2) peningkatan minat belajar IPA memperoleh persentase 73,79% pada siklus I, dan 77,64 pada siklus II. Merujuk dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan Tebak Kata dapat meningkatan prestasi dan minat belajar IPA pada siswa kelas V SDN Sawahan 03 Turen. Disarankan guru kelas V sekolah dasar dapat menerapkan permainan Tebak Kata dalam kegiatan pembelajaran disekolah untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
2131804/SB/2019 | KKI 372 KRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain