Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Ei 2 SMK Negeri 2 Singosari
Berdasarkan observasi siswa dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 2 Singosari terhadap guru mata pelajaran matematika, diperoleh informasi bahwa pembelajaran matematika kurang berfariasi, menyebabkan siswa merasa cepat bosan, banyak siswa belum memahami materi, siswa sulit sekali mengkonstruksi sendiri konsep-konsep matematika, siswa hanya menyalin aapa yang dikerjakan oleh guru sehingga hasil belajarpun rendah. Melihat fenomena tersebut, maka model pembelajaran Think Talk Write perlu diterapkan untuk melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, guna meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui pembelajaran ini juga, siswa dituntut untuk berusaha secara individu, bekerja sama dalam kelompok dan bertanggung jawab untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam II siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X EI 2 SMK Negeri 2 Singosari tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru siklus I dan II, lembar observasi siswa siklus I dan II, catatan lapangan siklus I dan II dan soal tes siklus I dan II.
Hasil penelitian menunjukan persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,82% yang mengalami tuntas belajar, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,23% yang mengalami tuntas belajar. Pada siklus I persentase lembar observasi guru 84,21% dan meningkat menjadi 98,68%, sedangkan persentase lembar observasi siswa 86,76% dan meningkat menjadi 98,52%. Dengan demikian hasil penelitian disimpulkan bahwa penerpan pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV kelas X EI 2 SMK Negeri 2 Singosari. Langkahlangkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Pendahuluan, (2) penyajian materi, (3) pembenntukan kelompok, (4) diskusi kelompok, (5) presentasi kelompok, (6) evaluasi. Diharapkan guru dalam pembelajarannya dapat menjadikan pembelajaran TTW sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, agar proses pembelajaran di kelas menyenangkan, mendorong keaktifan, membangkitkan minat dan kreatifitas siswa, agar dapat meningkatkan hasil belajar.
2131789/SB/2019 | KKI 510 JAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain