Electronic Resource
Pengembangan Media Permainan Bingo Untuk Memberikan Pengenalan Karir Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Bimbingan karir membantu siswa agar memperoleh penyesuaian diri dan permasalahan yang mereka hadapi, terutama tentang masalah yang berkaitan dengan pengetahuan karir. Pada tingkat SD, guru membutuhkan media bantu guna menunjang kemampuannya dalam memberikan layanan bimbingan secara efektif serta efisien. Bingo adalah media permainan yang dapat digunakan oleh guru (konselor) dalam proses pemberian layanan karir yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia jenjang SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui, (1) tingkat kegunaan, (2) tingkat kemenarikan, (3) tingkat kemudahan dan (4) tingkat ketepatan perangkat permainan bingo untuk memberikan pemahaman karir siswa sekolah dasar
Model pengembang media permainan bingo ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Borg & Gall (dalam Sugiono, 2012:291) yang telah disederhanakan menjadi empat tahap yang disesuaikan dengan kondisi dilapangan dan kebutuhan peneliti. Tahapan penelitian dimulai dari tahapan (1) pra
pengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji coba produk kemudian (4) tahap revisi produk. Media permainan bingo untuk memberikan pemahaman karir bagi siswa SD kelas V diuji validitas oleh ahli bimbingan dan konseling, ahli media BK, calon pengguna (guru), dan uji pengguna produk (siswa) yang berjumlah 5 orang siswa.
Hasil interpretasi penilaian ahli bimbingan dan konseling terhadap produk menghasilkan total rata-rata pada skor keseluruhan aspek adalah 77,2% dengan
kualifikasi valid dan ekuivalen layak untuk digunakan. Hasil interpretasi penilaian ahli media terhadap produk yang telah dikembangkan menunjukkan total skor rata-rata keseluruhan aspek adalah 87% dengan kualifikasi sangat valid dan ekuivalen sangat layak. Hasil interpretasi penilaian produk pada tabel bagi calon pengguna produk (guru) menunjukkan total skor persentase sebesar 84% dengan kualifikasi sangat valid dan ekuivalen sangat layak. Hasil interpretasi penilaian dari kelompok kecil yakni siswa, menunjukkan tota skor rata-rata pada aspek kemudahan (3,75)dan pada aspek kemenarikan (3,8). Dari hasil diatas media permainan bingo untuk memberikan pemahaman karir siswa SD kelas V, menunjukkan bahwa media permainan yang dihasilkan telah memenuhi syarat kegunaan, kemudahan, kemenarikan dan ketepatan baik dari isi dan bentuk.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, disarankan kepada guru di SD-IT Insan Mulia untuk menggunakan media ini dalam pemberian layanan bimbingan karir kepada siswa kelas V dan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan perangkat permainan bingo yang dihasilkan dengan melakukan
uji coba pada kelompok operasional yang cakupannya lebih luas untuk mengetahui efektifitas media ini dalam ruanglingkup yang lebih besar.
| 2131788/SB/2019 | KKI 371.4 MAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain