Electronic Resource
Penerapan Bermain Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Tuna Rungu Usia 5 -7 Di Taman Kanak Kanak Luar Biasa B Putra Jaya Malang
Kemampuan dan kemauan berhitung anak tunarungu di TK LB Putra Jaya Malang sudah mulai berkembang karena anak sudah bisa mengingat dan menulis angka yang ada di dadu sejak saat mereka melempar dadu dan mereka menulis di papan tulis, namun untuk berhitung masih belum bisa, sehingga peneliti membuat permainan dadu untuk memudahkan cara berhitung anak tunarungu.
Penggunaan alat bermain dadu dalam pembelajaran diharapkan sesuai dengan rumusan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunarungu pada kelompok B di TKLB Putra Jaya Malang.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus kajian 3 kali pertemuan setiap pertemuan 60 atau 2 jam pelajaran dan dilakukan di luar kelas. Penelitian ini dimana terdapat empat kali pertemuan dan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TKLB Putra Jaya Malang yang berjumlah 3 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan unjuk karya. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif ataupun kuantitatif.
Hasil penelitian ditunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan dadu terbukti pada anak kelompok B TKLB Putra Jaya Malang. Hal tersebut ditunjukkan dengan pada siklus pertama, rata-rata nilai kemampuan berhitung adalah 6 dan pada siklus kedua sebesar 11.67.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan dadu mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak tunarungu anak kelompok B TKLB Putra Jaya Malang. Saran bagi guru agar lebih memperhatikan fokus dan konsentrasi anak tunarungu dalam kegiatan pembelajarannya.
2131780/SB/2019 | KKI 372 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain