Electronic Resource
Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 6 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran Geografi dengan menggunakan Kurikulum 2013 serta mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh guru dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 guru Geografi SMA Negeri 6 Malang dan 6 siswa SMA Negeri 6 Malang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitia diperoleh bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Geografi Kurikulum 2013 yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penlaian proses dan hasil belajar sudah tergolong baik, (2) kendala yang dialami guru Geografi dalam penerapan kurikulum 2013 antara lain sulit merubah pola pikir guru dan siswa, disebabkan kurangnya kesiapan mental guru dan peserta didik dalam menghadapi kurikulum baru (Kurikulum 2013).
Tujuan kurikulum 2013 tercapai, selain baik konsepnya, implementasinya juga sangat baik. Seperti yang tertera dalam dokumen, kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai peribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kereatif, inovatif, dan afektif serta mampuh berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Tujuan ini bakal terwujud manakalah Pemerintah dan semua warga masyarakat, terutama guru berusaha menerapkan kurikulum sebaik-baiknya.
Metode penelitian, yang terdiri dari uraian tentang pendekatan dan jenis penelitian, serta kehadiran peneliti di lapangan. Dalam bab, peneliti juga menguraikan mengenai lokasi pelaksanaan penelitian, sumber data penelitian, pengumpulan data, serta analisis data penelitian. Selain itu peneliti juga menguraikan proses pengecekan keabsahan data, serta tahap-tahap penelitian. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikemukakan bahwa penelitian kualitatif ialah penelitian yang mengkaji masalah sosial secarah menyeluruh.
Berdasarkan paparan dan temuan penelitian yang telah di uraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa SMA Negeri 6 Malang telah menerapkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi sejak tahun ajaran 2014/2015, karena kandungan isi Kurikulum 2013 sebagai penyempurnaan dari KTSP, sehingga cakupanya lebih detail dan mengarah pada pengembangan potensi-potensi siswa secara menyeluruh sesuai dengan perkembangan zaman, baik pengembangan pengetahuan, keterampilan, sosial dan spiritual siswa. Siswa harus mengikuti seminar dan diklat Kurikulum 2013 yang di adakan oleh Dinas Pendidikan setempat sehingga guru dapat mempunyai bekal pengetahuan yang cukup untuk memperlancar implementasi Kurikulum 2013. Harus aktif mengikuti kegiatan sharingantar sekolah, yang bisa menjadi berbagai ilmu antara guru mengenai pembelajaran berbasis Kurikulum 2013.
2131764/SB/2019 | KKI 910 KER a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain