Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dan Keterampilan Proses Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X jurusan teknik informatika dan rekayasa SMK Singosari malang . Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan rancangan penelitian pretest- posttest control group desaingn. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas EI -1 sebagai kelas ekperimen dan kelas EI-2 kelas kontrol. Nilai keterampilan proses sains siswa diperoleh dari lembar observasi sedangkan nilai prestasi belajar siswa diukur menggunakan butir- butir soal kognitif. Pengumpulan data dilakukan selama dan sesudah perlakuan diberikan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting dan siswa yang beajar menggunakan model konvensional pada taraf sigfikan. Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting dan siswa yang beajar menggunakan model konvensional pada taraf sigfikan. Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar pada taraf sigfikan. Kesimpuan dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting dan keterampialan proses sains siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.
2131762/SB/2019 | KKI 530 TIJ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain