Electronic Resource
Pengembangan Buku Panduan Menulis Karangan Narasi Dengan Media Big Book Dua Dimensi Kelas IV SDN Sukolilo 01 Kecamatan Wajak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menuli karangan narasi, dan mengukur kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media yang dikembangkan. Rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa, disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Guru di kelas belum menggunakan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis karangan narasi, yang membuat siswa kesulitan dalam memahami materi yang dimuat dalam pembelajaran. Dengan tidak menggunakan media dalam pembelajaran di kelas, dapat membuat siswa tidak tertarik dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian yang digunakan peneliti termasuk pada penelitian pengembangan, dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba adalah 15 siswa kelas IV SDN Sukolilo 01 Kecamatan Wajak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan praktisi (guru), wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa pengembangan buku panduan menulis narasi dengan media Big Book dua dimensi menggunakan model ADDIE dan memperoleh penilaian oleh ahli media dengan persentase 89,8%. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan persentase 84,6%. Penilaian oleh ahli bahasa mendapatkan persentase 94,5%. Penilaian oleh praktisi mendapat nilai dengan rata-rata 3,5. Penilaian hasil respon siswa mendapat nilai rata-rata 3,6. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas, buku panduan menulis narasi dengan media Big Book dua dimensi dikategorikan “Layak”, karena hasil paparan dari ahli validator dan guru menyatakan bahwa media Big Book dua dimensi sangat efektif digunakan dalam pembelajaran atau “Baik” untuk digunakan dilapangan, karena mampu menarik minat siswa dalam belajar menulis cerita narasi dan mampu memudahkan siswa dalam memahami materi menulis narasi. Sehingga buku panduan menulis narasi dengan media Big Book dua dimensi dapat dijadikan referensi guru sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
| 2131760/SB/2019 | KKI 372 TAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain