Electronic Resource
Pengaruh Media Berbahan Alam Terhadap Kemampuan Menciptakan Bentuk Pada Anak Didik Kelompok B di TK Insan Kamil Gadang Malang
Kegiatan menciptakan bentuk yang terjadi pada saat ini pada pembelajaran anak usia dini yaitu banyaknya penggunaan media instan yang stoknya terbatas yang menyebabkan anak dalam menciptakan suatu karya seni masih kurang percaya diri karena takut dibilang salah, hal ini dapat terlihat ketika mengerjakan tugas keterampilan apapun masih banyak terlihat anak hanya menjiblak, bertanya, menyontek dan tidak mau menambah bentuk lain dari contoh yang sudah ada. Guru dalam memanfaatkan media masih kurang kreatif sehingga anak kurang berinteraksi dengan lingkungan alam, anak takut bermain dengan media berbahan alam karena takut kotor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media berbahan alam terhadap kemampuan menciptakan bentuk pada anak didik kelompok B Tk Insan
Kamil Gadang Malang. Jenis penelitian dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, sampel dalam peneltian ini adalah kelompok B TK Insan kamil Gadang Malang Tahun pelajaran 2019/2020, yang merupakan kelompok BI sebagai kelas kontrol sebanyak 13 anak, dan B3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 13 anak yang diberikan treetmen atau perlakuan.
Hasil penelitian ini adalah sebesar 0,00 >0,05 jadi ada pengaruh media berbahan alam terhadap kemampuan menciptakan bentuk pada anak didik kelompok B Tk Insan Kamil Gadang Malang. Berdasarkan hasil uji z diketahui signifikan 0,003
2131755/SB/2019 | KKI 372 BAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain