Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap mPrestasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Sukun 3 Kota Malang
Pelaksanaan pembelajaran di kelas V SDN Sukun 3 Malang guru masih mengunakan model pembelajaran konvensional. Dilihat hasil pembelajaran siswa masih sangat rendah dibawah nilai KKM yaitu 75.darijumlah 37 siswa di kelas V dengan nilai rata-rata 65 sedangkan nilai siswa yang tidak sesuai dengan nilai KKM hanya 15 siswa. Dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk: (1), mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning, (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa setela diterapkan pembelajaran Problem Based Learning, dan (3) mengetahui adanya interaksi model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SDN Sukun 3 Malang. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang dengan jumlah 60 siswa. Sampel pada penelitian ini 60 siswa yang terbagi atas dua kelas paralel yakni kelas Va sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa, dan kelas Vb sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data berupa pretest dan posttest tertulis bentuk uraian objektif. Untuk analisis data menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Dari hasilanalisis, hipotesis penelitian ini telah terjawab yakni bahwa: ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi terhadap prestasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Sukun 3 Malang. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pertama yaitu 0,000
2131750/SB/2019 | KKI 372 MAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain