Electronic Resource
Analisis Kemampuan Komunikasi Tertulis Peserta Didik Kelas VIII A Smp Pgri 6 Malang Pada Materi Lingkaran
Kemampuan komunikasi tertulis matematika merupakan kemampuan peserta didik dalam hal mengekspresikan ide dengan menggunakan istilah atau simbol, menyatakan hasil dalam bentuk tulisan, menggunakan strategi dan langkah-langkah dalam menemukan jawaban dan menarik kesimpulan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan untuk jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian dengan jumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 19 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes dan wawancara yang dipaparkan mengacu pada kriteria kemampuan komunikasi matematika berdasarkan kriteria tersebut ditetapkan 6 level analisis kemampuan komunikasi tertulis dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran sebagai level 0 dan level 1 merupakan kemampuan komunikasi tertulis tingkat rendah, level 2 dan level 3 merupakan kemampuan komunikasi tertulis tingkat sedang dan level 4 dan 5 merupakan kemampuan komunikasi tingkat tinggi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan komunikasi tertulis peserta didik di kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang pada materi lingkaran berada pada tiga kategori yaitu pada kategori rendah terdapat 96,42% peserta didik yang memenuhi level 0 dan 10,71% peserta didik yang memenuhi level 1. Pada kategori sedang terdapat 64,28% peserta didik yang memenuhi level 2 dan 28,57% didik yang memenuhi level 3. Pada kategori tinggi terdapat 67,85% peserta didik yang memenuhi level 4 dan 32,14% peserta didik yang memenuhi level 5. Selanjutnya diambil tiga presentase terbesar dari masing-masing kategori yaitu untuk kategori rendah pada level 0 sebesar 96,42%, kategori sedang untuk level 2 sebesar 64,28% dan kategori tinggi untuk level 4 sebesar 67,85%.
Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang didominasikan pada tingkat kemampuan komunikasi tertulis rendah yaitu pada level 0. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru untuk sering memberikan soal-soal cerita dalam proses pembelajaran matematika yang bertujuan melatih dan mengarahkan peserta didik agar dapat memiliki kemampuan komunikasi matematika tertulis yang baik.
2131749/SB/2019 | KKI 510 KUL a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain