Electronic Resource
Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas viii Smp Kristen Petra Malang
Emosi merupakan salah satu bagian yang penting dari manusia, karena melalui emosi individu mampu mengekspresikan perasaannya, selain itu juga pada setiap aspek perkembangan manusia pasti terdapat perkembangan emosi didalamnya. Ahli psikologi sering menyebutkan dari semua aspek perkembangan yang paling sulit diklarifikasi adalah perkembangan emosional. Kecerdasan emosi yang rendah bisa dilihat dari sikap siswa yang menunjukan sikap sikap kasar kepada teman-temannya di sekolah, mudah mengeluh ketika mengerjakan tugas sekolah, suka melawan dan menyepelekan ketika guru menjelaskan pelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa SMP Kristen Petra Malang yang dijadikan subjek penelitian. Penelitian menggunakan rancangan one group pretest posttest design pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan kepada individu melalui pretest berupa sekala kecerdasan emosi, treatment dengan teknik role playing dan posstets dengan sekala kecerdasan emosi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Kristen Petra Malang untuk menentukan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah subjek 10 orang yang tingkat kecerdasan emosi sangat rendah, rendah dan tinggi. Teknik analisis menggunkan analisis statistic non parametric yaitu dengan bantuan SPSS For Windows 22 yaitu dengan menggunakan uji wilcoxon.
Hipotesis dari penelitian adalah teknik role playing efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas VIII A SM Kristen Petra Malang. Hasil uji test statistic uji Wilcoxon Zhitung adalah 0,028 dengan sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,005. Jika probablititas > 0,05, maka Ho (Nol Hypotesis) diterima, H a (Alternatif Hypotesis) diterima. Jadi hasil dari hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa sig. (2-tailed) 0,005
2131745/SB/2019.c1 | KKI 371.4 NER k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain