Electronic Resource
Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Deprok Terhadap Perkembangan Keseimbangan Anak Didik Kelompok B Di TK Insan Kamil Gadang Malang
Saat ini banyak permainan modern yang kurang mengembangkan perkembangan sosial anak, yang diinginkan hanya perkembangan kognitif atau intelektualnya saja.Teknologi yang semakin berkembang pesat membuat permainan tradisional semakin tersingkir dari kancah permainan anak-anak. Beberapa jenis permainan yang dilakukan di sekolah diantaranya anak bermain berjalan di atas papan titian, anak berjalan jinjit, berjalan satu kaki.
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh permainan tradisionl engklek deprok terhadap perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B diTK Insan Kamil Gadang Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quansi experimen), Bentuk desain penelitian eksperimen semu ini yaitu Pretest-Posstest Control Group Design, yaitu desain eksperimen yang membagi subjek menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Insan Kamil Gadang
.Hasil penelitian diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,00 >0,05 jadi ada pengaruh permainan tradisional engklek Deprok terhadap perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B di TK Insan Kamil Gadang Malang. Berdasarkan hasil uji z diatas diketahui signifikan 0,02 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional engklek Deprok terhadap perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B TK Insan Kamil Gadang Malang.
Kesimpulan penelitian ini bahwa keseimbangan anak dapat dilakukan dengan permainan tradisonal dimana anak dapat mengenal permainan dan anak dapat berinteraksi langsung dengan temannya saat bermain. Saran bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam rangka perkembangan keseimbangan anak didik dengan menggunakan permainan tradisional yang bervariasi lagi.
2131725/SB/2019 | KKI 372 DEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain