Electronic Resource
Pengaruh Penerapan Student Time Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Kelompok B TK Mutiara Iman Pakisaji Kabupaten Malang
Salah satu Perkembangan pada anak usia 5-6 Tahun yang harus dikembangan yaitu perkembangnan Bahasa Perkembangan Bahasa merupakan segala bentuk komunikasi dimana pikiran dan perasaan pada anak yang disimbolisasikan dengan suatu kegiatan agar anak dapat menyampaikan arti kepada orang lain,dan mengarahkan agar anak mampu menggunakan, mengekspresikan pemikirannya dengan menggunakan kata-kata .
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perkembangan komunikasi pada anak kelompok B TK Mutiara Iman Pakisaji Kabupaten Malang. Pembelajaran yang efektif dan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi anak didik adalah model penerapan Student Time Achievemt Division (STAD) merupakan salah satu metode atau pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang sederhana dan baik untuk guru dan untuk anak didik dalam belajar berkelompok untuk memecahkan suatu masalah.
Subyek Dari penelitian ini terbatas pada Kelompok B Jumlah 14 Anak yang terdiri dari 8 perempuan dan 6 anak laki–laki. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen desaign dengan menggunakan one group pre-test post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22,0 for windows.
Hasil observasi awal terhadap kemampuan omunikasi anak Kelompok B TK Mutiara Iman Pakisaji Kab.Malang dalam mengembangkan kemampuan komunikasi anak Masih sangat rendah.
Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh Penerapan Student Time Achievement Division terhadap kemampuan komunikasi pada anak kelompok B di TK Mutiara Iman Pakisaji Kab. Malang tahun 2018/2019.
2131713/SB/2019 | KKI 372 SAB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain