Electronic Resource
Pnerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri 1 Kepanjen
Berdasarkan hasil observasi siswa kelas VIII A di SMP Negeri I Kepanjen pada pelajaran IPA, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A masih rendah,hal ini dilihat pada saat pembelajaran berlangsung antara lain: 1) ketika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, tidak ada siswa yang bertanya, dianggap semua pembelajaran guru sudah dimengerti. Namun saat memberikan pertanyaan kepada siswa hanya beberapa siswa yang menjawab tetapi jawabannyapun belum tepat. 2) Saat guru melakukan demonstrasi di depan hanya beberapa siswa yang memperhatikan, sehingga pada saat membuat tugas laporan, mereka bingung dan sulit membuat kesimpulan. 3) Jarang mengeluarkan pendapat sehingga tidak terlihatinteraksi antara siswa dalam kelas.
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan prestasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini menghadapkan suatu masalah pada siswa yang akan membuat kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa meningkat dengan mencari solusi atau jawaban yang berkaitan pada permasalahan yang diberikan oleh guru dengan bekerja sama dengan teman duduk siswa, sehingga kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa akan meningkat. Jumlah siswa kelas VIII A sebanyak 31 siswa yang dijadikan sampel pada penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kualitas keterlaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) memenuhi kategori baik. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 79,55% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,95%. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi siswa, hal ini dilihat pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 84,40%. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil pratindakan adalah 70,78%, pada siklus I sebanyak 77% dan siklus II 86%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan prestasi belajar siswa.
2131704/SB/2019 | KKI 530 SUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain