Electronic Resource
Pengaruh penggunaan Media Wayang Kardus Terhadap Kognitif Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran IPS SDN Ngadimulyo 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang kardus terhadap kognitif siswa kelas III pada mata pelajaran IPS SDN Ngadimulyo 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ngadimulyo 01 kecamatan sukorejo yang berjumlah 50 siswa dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas IIIA yang berjumlah 25 siswa dan kelas IIIB yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dan pengumpulan data menggunakan pretest dan posstest. Analisis data penelitian ini menggunkana uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% berbantuan SPSS 21 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 58 dan kelas kontrol 50. Sedangkan Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 78,8 dan kelas kontrol 64,2. Analisis data kedua kelas menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil signifikasi (sig) sebesar 0,000 < 0,05 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ada pengaruh penggunaan media wayang kardus terhadap kognitif siswa kelas III pada mata pelajaran IPS SDN Ngadimulyo 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Media wayang kardus dapat digunakan pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan dan dapat dikembangkan pada materi yang lainya.
2131692/SB/2019 | KKI 372 AGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain