Electronic Resource
Pengaruh Model Scramble Berbasis Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang
Selama proses pembelajaran, guru perlu melakukan inovasi dalam menerapkan model pembelajaran yang berbeda untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tentunya model pembelajaran yang membuat siswa berperan aktif selama pembelajaran, tidak merasa terkekang dalam pembelajaran, tidak merasa jenuh dan dapat membuat siswa memahami konsep pembelajaran dengan baik. Salah satunya yaitu model pembelajaran scramble. Sistem bermain sambil belajar dalam model scramble ini perlu adanya pendukung dalam penerapannya, seperti puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model scramble berbasis puzzle terhadap hasil belajar siswa di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas IV-A sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 63 siswa di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang pada semester genap tahun ajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1,2, dan 3 yang dinilai dengan skor yang diperoleh sebelum diberi perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test) dengan menggunakan model scramble berbasis puzzle.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai derajat kebebasan (df) N-2 sebesar 61. Hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 1,670 dan t hitung sebesar 7,289. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai t hitung > t tabel (7,289 > 1,670 ) dan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model scramble berbasis puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang.
2131690/SB/2019 | KKI 372 KAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain