Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Scramble Berbasis Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Scramble Berbasis Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang

Adinda Tiara Kartika - Nama Orang;

Selama proses pembelajaran, guru perlu melakukan inovasi dalam menerapkan model pembelajaran yang berbeda untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tentunya model pembelajaran yang membuat siswa berperan aktif selama pembelajaran, tidak merasa terkekang dalam pembelajaran, tidak merasa jenuh dan dapat membuat siswa memahami konsep pembelajaran dengan baik. Salah satunya yaitu model pembelajaran scramble. Sistem bermain sambil belajar dalam model scramble ini perlu adanya pendukung dalam penerapannya, seperti puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model scramble berbasis puzzle terhadap hasil belajar siswa di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas IV-A sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 63 siswa di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang pada semester genap tahun ajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1,2, dan 3 yang dinilai dengan skor yang diperoleh sebelum diberi perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test) dengan menggunakan model scramble berbasis puzzle.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai derajat kebebasan (df) N-2 sebesar 61. Hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 1,670 dan t hitung sebesar 7,289. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai t hitung > t tabel (7,289 > 1,670 ) dan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model scramble berbasis puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang.


Ketersediaan
2131690/SB/2019KKI 372 KAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 KAR p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 194hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Hasil Belajar Siswa
Model Scramble
Puzzle
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik