Electronic Resource
Evektifitas Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa Kelas VIIC Di SMP Budi Mulya Pakisaji
Stres akademik merupakan sumber stres yang berasal dari proses belajar mengajar atau hal-hal yang berkaitan dengan belajar yang meliputi adanya tekanan tekanan untuk naik kelas, lamanya belajar, banyaknya tugas, nilai ulangan dibawah KKM, kecemasan dalam menghadapi ujian, dan tidak adanya menejemen waktu. Adapun dampak dari Siswa yang mengalami stres akademik bisa dilihat dari tingkah lakunya seperti: membolos, menunda mengerjakan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, grogi, kurang percaya diri, dan merasa cemas.
Tujuan penelitian ini adalah menguji tingkat keefektifan desensitisasi sistematis untuk mengurangi stres akademik siswa kelas VII C di SMP Budi Mulia Pakisaji yang dijadikan subjek penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, design yang digunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Budi Mulia Pakisaji yang memiliki tingkat stres akademik tinggi berjumlah 6 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil pretest-posttest, instrumen berupa skala stres akademik, pedoman observasi, lembar refleksi diri dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis statistic non parametrik yaitu dengan bantuan SPSS for Windows 22.0 yaitu dengan menggunakan uji Wilcoxon.
Hipotesis dari penelitian adalah Desensitisasi Sistematis efektif untuk mengurangi stres akademik siswa kelas VII C SMP Budi Mulia Pakisaji. Hasil uji test statistic uji Wilcoxon Zhitung adalah -2.226a dan sig. (2-tailed) adalah 0,026
2131688/SB/2019 | KKI 371.4 ANU e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain