Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Media MAnik Manik Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di SDN Blimbing 1 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019
Pelaksanaan pembelajaran matematika Sekolah Dasar di lapangan, guru masih belum menggunakan media pada saat pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji coba pengaruh penggunaan media pembelajaran manik-manik bilangan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mareti operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Blimbing 1 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Eksperiment dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Blimbing 1 Malang dengan jumlah 62 siswa, yang terbagi atas dua kelas paralel yakni kelas IVa sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa, dan kelas IVb sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data berupa pretest dan posttest tertulis bentuk uraian objektif. Untuk analisis data saya menggunakan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian yang diperoleh dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan uji t berbantuan SPSS 16.0 for windows diperoleh hasil uji hipotesis posttest kelas IVa (kelas eksperimen) dan kelas IVb (kelas kontrol) adalah Sig. (2-tailed) 0.001 < taraf signifikan 0.05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media manik-manik bilangan adalah 84,67 dan siswa yang belajar tanpa menggunakan media manik-manik bilangan atau pembelajaran seperti biasanya adalah 75,62. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh penggunaan media manik-manik bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Blimbing 1 Malang tahun pelajaran 2018/2019.
2131687/SB/2019 | KKI 372 BAL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain