Electronic Resource
Keefektifan Layanan Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII A Di SMP Budi Mulia Pakisaji
Penyesuaian diri merupakan proses respon mental dan tingkah laku individu sebagai usaha agar berhasil dalam kebutuhan-kebutuhan yang ada pada dirinya, mengatasi stress, frustasi, dan konflik yang dialami, hingga terjadi keselarasan antara tuntutan dalam dirinya dengan yang diharapkan oleh lingkungannya.
Terutama dalam lingkungan sekolah menengah pertama sehingga perlu diberikan treatment dengan menggunakan layanan bibliokonseling melalui bahan bacaan (buku cerita).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bibliokonseling untuk meningkatkan penyesuaian diri di SMP Budi Mulia Pakisaji. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, menggunakan angket penyesuaian diri kepada 32 siswa dan hasil pre-test terdapat 9 siswa yang mengalami penyesuaian diri rendah yang akan dijadikan subjek penelitian.
Penelitian ini menggunakan eksperimen semu designs jenis pre-test, treatment, post-test. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Analisis data dengan menggunakan statistic non-parametric dengan uji jenjang ditanda Wilcoxon (Wilcoxon’s Signed Rank Test). Menggunakan SPSS 16.0 for windows untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah pemberian treatment layanan bibliokonseling.
Hasil penelitian menunjukan Zhitung adalah -2,670 dan sig (2-tailed) 0,008. dari hasil Wicoxon menunjukan bahwa sig (2-tailed) 0,008 < 0,05 artinya layanan biblokonseling dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMP Budi Mulia Pakisaji.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa layanan bibliokonseling efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VIII A di SMP Budi Mulia Pakisaji. Dapat dianjurkan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan bibliokonseling dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling terutama yang berkaitan dengan penyesuian diri siswa, sehingga siswa tidak hanya mendengar apa yang dijelaskan, melainkan juga dapat memahami penyesuian diri
2131680/SB/2019 | KKI 371.4 NGA k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain