Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas x SMP PGRI Lawang Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas x SMP PGRI Lawang Malang

Husniah Karim Djamaludin - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Rofi’ul Huda, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran di sekolah yang masih banyak berpusat pada guru dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari merupakan salah satu tantangan dalam dunia pendidikan yang harus segera diselesaikan. Hal tersebut juga terjadi pada pembelajaran geografi di SMA PGRI Lawang-Malang.
Salah satu model pembelajaran yang dipandang mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dimana cara pembelajarannya sangat efektif dalam pembelajaran karena siswa dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA PGRI Lawang-malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA PGRI Lawang-Malang tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 26 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, tes, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar mencapai persentase ketuntasan sebesar 42% sedangkan pada siklus II 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X IPS SMA PGRI Lawang-Malang.


Ketersediaan
2131621a/SB/2019KKI 910 DJA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 DJA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv 120hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran
Skripsi
Hasil Belajar Siswa
Contextual Teaching and Learning (CTL)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik