Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII IPS Geografi SMPN 10 Malang
Berdasarkan hasil observasi dikelas VIII A dan D SMP N 10 Kota Malang diketahui bahwa motivasi belajar, minat belajar dan hasil belajar siswa masih rendah. Buktinya dapat dilihat dari kurang antusiasnya atau perhatian siswa dalam menerima pelajaran dikelas, siswa sering bermain di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung, selain itu masih ada siswa yang terlambat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa tidak memiliki kelengkapan belajar misalnya buku cetak dan media pembelajaran yang lainya, dan ditemukan juga sebagian dari siswa ada yang mengaku tidak senang dengan pelajaran IPS Geografi, bahkan ada siswa yang menganggap bahwa pelajaran IPS Geografi adalah pelajaran yang membosankan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh hubungan antara variabel dependent dengan variabel indepndent dimana melihat pengaruh motivasi belajar (X1), minat belajar (X2), terhadap hasil belajar (Y).
Rancangan penelitian yang digunakan adalah experimen dengan metode kuantitatif dengan populasi 273 siswa dan sampel penelitian 60 siswa kelas VIII A 30 dan VIII D 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner yang diberikan kepada siswa, dan pedoman dokumentasi ujian tengah semester (UTS).
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh adanya pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan antara Motivasi Belajar (X1) dan Minat belajar siswa (X2) terhadap Hasil belajar siswa (Y) Kelas VIII IPS Geografi SMP N 10 Malang. siswa kelas VIII A dan D tahun pelajaran 2018/2019. Dimana nilai f hitung sebesar 18.587 dengan nilai signifikan 0.000. Mampu memberikan kontribusi sebesar 62.8% terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan demikian sisanya 39.5% dengan demikian sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini.
Saranya bagi guru hendaknya harus bisa membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa. Seorang guru dalam menyampaikan pelajaran harus mampu membuat siswa senang dalam belajar. Dengan adanya motivasi dan minat belajar siswa maka yang timbul usaha-usaha yang dilakukan untuk mata pelajaran tersebut, dan diharapkan siswa memperoleh hasil belajar yang baik dan berkualitas.
2131675/SB/2019 | KKI 910 IFO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain