Electronic Resource
Kajian Literasi Verbal Siswa Pada Keterampilan Berbicara (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Di Sdn Kebonsari 4 Malang)
Penelitian ini membahas hasil penelitian Kajian Literasi Verbal Siswa pada Keterampilan Berbicara (Studi kasus pada kelas III di SDN Kebonsari 4 Malang). Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perencanaan kebijkan GLS, (2) mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan GLS, (3) mengetahui pengaruh GLS terhadap kemampuan berbicara siswa kelas III SDN Kebonsari 4 Malang. Pendekatan dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari 2019. Subjek penelitian ialah siswa kelas III dan guru kelas III. Prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta dilakukan triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber data untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut pelaksanaan gerakan literasi sudah berjalan dengan baik dimana terdapat beberapa kebijakan untuk mendukung geraka literasi sekolah (GLS): (1) program membaca selama 15 menit, (2) buku-buku yang mendukung GLS, (3) tersedia pojok baca di beberapa kelas, (4) kelas yang literat. Dari kegiatan literasi juga siswa bisa diajarkan untuk berpikir kritis, kratif, sehingga siswa bisa mampu untuk berpendapat. Untuk keterampilan berbicara bisa dilatih sedini mungkin. Pada kegiatan literasi ada tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran ketiga tahap ini dapat melatih siswa untuk membangun kepercayaan diri untuk berani berbicara di depan umum, dan juga pada tahap-tahap ini dapat melatih siswa untuk berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan santun
2131672/SB/2019 | KKI 372 LAU k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain