Electronic Resource
Pengembangan Inventori Kematangan Karier Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Di Kabupaten Lumajang
Inventori Kematangan Karier adalah Instrumen yang dibutuhkan oleh konselor untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Permasalahan di lapangan terletak pada instrument untuk mengukur kematangan karier yang belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah inventori yang dapat digunakan oleh konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling lebih khususnya dalam mengukur kematangan karier siswa SMK Negeri di Kabupaten Lumajang.
Metode Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangann Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Pasirian, SMKN 1 Tempeh dan SMKN Tempursari yang masing-masing diambil 100 siswa dipilih dengan teknik Cluster random sampling, instrument yang digunakan skala penilaian, dengan analisis menggunakan uji validitas, realibilitas, analisis faktor, dan uji normalitas data.
Hasil Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk yaitu inventori kematangan karier yang terdiri dari 21 item pernyataan yang dinyatakan valid yang dapat digunakan oleh konselor sekolah untuk mengetahui tingkat kematangan karier siswa/i SMKN di Kabupaten Lumajang. Setelah melalui pengujian statistic hasil analisis realibilitas menggunakan formula alpha menunjukkan koefisien alpha sebesar 0.836 yang berarti inventori yang dikembangkan memiliki tingkat realibilitas yang tinggi dan memiliki muatan faktor berkisar antara 0.05-0.06, yang berarti pernyataan inventori memiliki korelasi dengan aspek yang mendasari pengembangan inventori.
Sehingga dapat di simpulkan Inventori Kematangan Karier ini dapat digunakan oleh konselor SMKN di Kabupaten Lumajang sebagai alat untuk menyusun layanan yang akan diberikan kepada konseli.
2131666/SB/2019 | KKI 371.4 HID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain