Electronic Resource
Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Autentik Pembelajaran Tematik Kelas 5 Semester Genap Di SDN Sukun 3 Malang
Berdasarkan hasil observasi di SDN Sukun 3 Kota Malang, siswa memiliki minat belajar yang cenderung rendah akan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Sukun 3 perlu lebih ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap hasil belajar autentik, pembelajaran tematik kelas V semester genap di SDN Sukun 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode deskriptif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis peneliti menggunakan normalitas, linieritas dan homogenitas untuk memperoleh keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan minat belajar terhadap hasil belajar autentik, pembelajaran tematik kelas V semester genap di SDN Sukun 3 Malang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis corelation product moment pengujian hipotesis rhitung sebesar 0,509 dengan tarif signifikansi 0.05 adalah ttabel 0,422. Jadi nilai thitung>ttabel (0,509>0,422) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p=0,022
2131661/SB/2019 | KKI 372 KAR h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain