Electronic Resource
Penerapan Permainan Kapal Koran Estafet Untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Peserta Didik Kelompok B TK Model Kota Malang
Permainan merupakan bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian intergral dari proses pembentukan kepribadian anak. Pengertian ini menggambarkan bahwa permainan merupakan suatu hal yang melekat dalam diri seorang anak dan permainan merupakan suatu hal yang tidak dapat lepas dari kehidupan anak-anak. Permainan juga merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembentukan kepribadian seorang anak. Permasalahan yang ditemukan anak-anak masih bermain sendiri-sendiri dan jaran bermain bermain bersama-sama. Bermain merupakan aktifitas yang penting bagi anak usia dini. Kegiatan pembelajaran di pendidikan anak usia dini hendaknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan dilaksanakaan melalui aktifitas bermain. Melalui bermain anak dapat mengembangkan kemampuan sosial, bekerjasama dan memecahkan masalah. Masalahnya anak di Tk Model Kota Malang belum semuanya bisa bekerjasama dalam mengerjakan kegiatan kelompok ataupun ketika bermain bersama-sama dengan teman kebanyak bermain sendiri-sendiri. Kemampuan bekerjasama perlu di tingkatkan melalui permainan kapal koran estafet
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah meningkatkan kemampuan bekerjasama melalui permainan kapal koran estafet, serta untuk mengetahui permainan kapal koran dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama pada anak didik kelompok B TK Model Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mengacupada model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan-tahapan penelitian perencanaan, pegamatan, pelaksanaan dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Model Kota Malang yang berjumlah 16 anak.
Hasil analisis pada siklus I pertemuan pertama sebesar 47,65%, dan pada pertemuan pertama belum menunjukan ketuntasan dan di lanjutkan pertemuan kedua siklus 1 sebesar 55,55%. Hasil tersebut belum menunjuk ketuntasan dan dilanjutkan lagi Siklus II pertemuan pertama sebesar 75,25% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 81%Hasil pada siklus I dan II menunjukan presentase ketuntasan lebih besar.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kemampuan kerjasama anak didik kelompok B Tk Model Kota Malang dapat di tingkatkan melalui permainan kapal koran estafet. Permainan kapal Koran estafet sangat bermanfaat bagi guru /pendidik yaitu sebagai bahan refrensi untuk menentukan media pembelajaran yang dapat di pakai dalam meningkatkan kemampuan bekerjasama anak dan guru hendak mampu memilih media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran agar anak lebih aktif dan semangat saat pembelejaran berlangsung serta untuk peneliti lain sebagai salah satu sumber pengetahuan untuk mengembangkan penyusunan penelitian selanjutnya.
2131658/SB/2019 | KKI 372 SAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain