Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantuan Media Picture Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas 5 SDN Kebonsari 2 Malang
Penggunaan model pembelajaran penting dalam mendukung hasil belajar siswa. Siswa masih lemah dalam memahami penjelasan yang disampaikan guru karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik. Untuk itu, diperlukan sebuah model yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantuan Media Picture Puzzle terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian siswa kelas VA dan VB SDN Kebonsari II Malang, kemudian dilakukan pengundian menurut pertimbangan peneliti. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel (8,938 > 0,000) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh perbedaan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantuan Media Picture Puzzle terhadap hasil belajar siswa.
2131653/SB/2019 | KKI 372 LOK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain