Electronic Resource
Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Dadaprejo II
Prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik (siswa) merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi, baik faktor eksternal maupun faktor internal. kebiasaan belajar menjadi salah satu faktor penunjang tercapainya prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN Dadaprejo II. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah penentuan sampel diambil semua karena populasi kurang dari 100 (sampling jenuh). Jumlah populasi 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk memperoleh data variabel kebiasaan belajar dan studi dokumentasi nilai rata-rata raport untuk memperoleh data variabel prestasi belajar. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan persentase kebiasaan belajar siswa kelas tinggi SDN DADAPREJO II menunjukkan bahwa 15% siswa memiliki kebiasaan belajar yang cukup baik, 60% siswa memiliki kebasaan belajar yang baik, dan 25% siswa memiliki kebasaan belajar yang sangat baik. Maka dapat disimpulkan rata-rata kebiasaan belajar siswa kelas tinggi SDN DADAPREJO II baik. Sedangkan hasil penelitian pada prestasi belajar menunjukkan siswa yang mendapat nilai terendah sebanyak 16 siswa (40%), siswa yang memiliki prestasi belajar sedang sebanyak 14 siswa (35%), dan siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi sebanyak 10 siswa (10%).
Hasil dari uji korelasi ini adalah 0,666 dengan signifikansi 0,00 dengan demikian maka hasil penelitian ini adalah jika kebiasaan belajar siswa memiliki hubungan yang kuat terhadap prestasi belajar siswa. Jika kebiasaan belajar siswa baik maka semakin tinggi prestasi belajar yang diperoleh, begitu pula sebaliknya jika kebiasaan belajar siswa kurang baik maka prestasi belajar siswa yang diperoleh rendah.
2131650/SB/2019 | KKI 371.4 IZZ h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain