Electronic Resource
Pengembangan Inventori Efikasi Diri Akademik Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP ) Di Kota Malang
Inventori efikasi diri akademik adalah instrument yang dibutuhkan oleh konselor untuk memberikan bimbingan dan konseling di sekolah. Permasalahan di lapangan terletak pada instrument untuk mengukur efikasi diri akademik yang belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah inventori yang dapat digunakan oleh konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.
Metode penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan 10 langkah dari Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN di Kota Malang berusia 13-16 tahun. Sedangkan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu siswa SMPN 8, 10 dan 17 yang masing-masing diambil 100 siswa.
Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk yaitu inventori efikasi diri akademik yang terdiri dari 22 item pernyataan yang dinyatakan valid yang dapat digunakan oleh konselor sekolah untuk mengetahui tingkat efikasi diri siswa/i SMPN di Kota Malang. Setelah melalui pengujian statistic hasil analisis reliabilitas menggunakan formula alpha menunjukan koefisiien sebesar 0.844 yang berarti inventori yang dikembangkan memiliki tingkat reliabialitas yang tinggi. Disamping itu, nilai KMO yang dihasilkan dalam analisis faktor adalah sebesar 0.835 serta p-value sebesar 0.000 (
| 2131649/SB/2019 | KKI 371.4 AYU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain