Electronic Resource
Pengaruh Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri Blimbing 1 Malang
Kepribadian guru yang baik merupakan sumber eksternal dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Blimbing 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel menggunakan non-probabilty sampling jenis sampling jenuh berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket untuk mengetahui kepribadian guru dan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Blimbing 1 Malang. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji autokorelasi, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,05 ≤ 0,05 dan 1,992 > 1,991 yang menyatakan bahwa Ha diterima (Ho ditolak), Jadi, dapat disimpulkam bahwa kepribadian guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motiasi belajar siswa sebesar 53,7%.
2131648/SB/2019 | KKI 372 RIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain