Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A DI RA Mutiara Iman Pakisaji Kab Malang Tahun 2018/2019
Kemampuan membaca permualaan suatu proses pembelajaran pada anak usia dini yang mulai pembelajaran dengan mengenal huruf-huruf, kata-kata, kalimat serta lambang-lambang tulisan yang akan menjadi pondasi untuk tahap selanjutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di Ra Mutiara Iman Pakisaji Kabupaten Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitia pre-eksperimen desaign dengan menggunakan one group pre-test post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22,0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan pada saat pre-test sebesar 8.200 dan pada saat post-test sebesar 10,933 dengan nilai signifikan 0,000
2131647/SB/2019 | KKI 372 LAK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain