Electronic Resource
Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Kristen Petra Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X SMA Kristen Petra Malang dengan menggunakan penerapan model Jigsaw. 2) Besarnya peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Kristen Petra Malang dengan menggunakan penerapan model Jigsaw.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model spiral oleh Arikunto yang dikembangkan oleh Iskandar. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang, dengan jumlah 29 siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75.00, peserta didik harus terlibat secara aktif dalam proses kegiatan pembelajaran dan keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75% dari, mengacu pada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,00.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 70% kategori aktif, sedangkan persentase hasil belajarnya 66% dengan nilai rata-rata 77 kategori cukup baik. Untuk siklus II persentase keaktifan 87% kategori sangat aktif sedangkan persentase hasil belajarnya 86% dengan rata-rata 80 kategori sangat baik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
2131633/SB/2019 | KKI 910 GRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain