Electronic Resource
Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Homeroom Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Siswa SMP Negeri 2 MALANG
Bimbingan kelompok merupakan layanan yang diberikan kepada peserta didik untuk mencapai perkembangan yang optimal dalam mengembangkan bakat, minat, kemampuan berinteraksi dan berani berpendapat dengan orang lain. Teknik Homeroom teknik yang dilakukan konselor dalam membantu siswa memecahkan masalah-masalah atau mengembangkan potensi siswa dalam suasana yang menyenangkan melalui kegiatan kelompok yang dilakukan dengan suasana yang menyenangkan sehingga timbul rasa nyaman dan terbuka. Keterbukaan diri (Self-Disclosure) adalah bentuk ungkapan perasaan, reaksi atau tanggapan seseorang yang berupa informasi mengenai dirinya yang dilakukan secara terbuka kepada orang lain sehingga saling mengerti satu sama lain.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Malang. Desain atau rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah one group pretest posttest design yaitu rancangan penelitian yang digunakan dengan cara memberi perlakuan pada kelompok tertentu dalam jangka waktu tertentu dan mengukurnya dengan tes sebelum dan sesudah pemberian perlakuan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis bimbingan kelompok dengan tehnik homeroom efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri (self-disclosure) siswa SMP Negeri 2 Malang. Hasil uji test statistic uji Wilcoxon Zhitung adalah -2.〖201〗^b dan sig. (2 tailed) adalah 0.028
2131619/SB/2019 | KKI 371.4 BAN k/s 2019 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain