Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 17 Malang
Permasalhan yang sering muncul sebagai sala satu penyebab rendahnya kualitas pembelajarn yang belum mampu yang belum mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Dari pengalaman selama praktek dan hasil observasi di SMP Negri 17 Malang peneliti menemukan permasalahan yang terjadi dilapangan yaitu: (1) pada saat pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran sehingga menyebabkan siswa cepat bosan dan pada saat pelajaran IPS berlangsung karena guru dalam memberikan materi pelajaran didominasi dengan ceramah dan tanya-jawab, (2) pada saat guru melakukan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok, siswa takut dan tidak berani bertanya sehingga menyebabkan siswa tidak mengerti materi yang telah disampaikan dan kurang kerjasama antar kelompok sehingga pada saat presentasi kelompok hanya didominasi siswa yang pandai saja, (3) Model pembelajaran yang digunakan masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa pada pembelajaran cenderung hanya menerima apa yang diberikan oleh guru, dan jarang secara mandiri berupaya memperoleh pengetahuan tersebut, sebagai dampaknya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru dalam menguasai kompetensi yang dipelajari belum optimal
Tujuan penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D di SMP Negeri 17 Malang melalui model pembelajaran discovery. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari 34 siswa.
Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajran Diskoveri dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar individual yang terjadi pada siklus I dan siklus II berdampak pada ketuntasan belajar secara klasikal. Di siklus I ketuntasan belajar klasikal 15,15% dengan jumlah 5 siswa. Di siklus II ketuntasan belajar kelas mengalami kenaikan yang drastis sebesar 87,87 dengan jumlah siswa 29 siswa.
Penerapan model pembelajaran Discovery terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru SMP Negeri 17 Malang disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Discovery karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar.
Sedangkan penelitian yang ingin mengadakan penelitian yang sama dengan kondisi dan sekolah yang sama, disarankan untuk melaksanakan penelitian dengan waktu yang sangat lama agar siswa benar-benar mengerti dan memahami model Discovery.
2131179/SB/2019 | KKI 910 MEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain