Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Media Kampung Bangun Datar Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Kelompang Timur 3 Pamekasan

Electronic Resource

Pengaruh Media Kampung Bangun Datar Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Kelompang Timur 3 Pamekasan

Syarifah - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang; Muslim, M.Pd - Nama Orang;

Proses pembelajaran tematik, salah satunya dibutuhkan media pembelajaran dan metode yang berperan penting untuk memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru sehingga siswa mudah memahami materi. Media pembelajaran dan metode yang digunakan yaitu media pembelajaran kampung bangun datar dan metode mind mapping. Media kampung bangun datar dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan metode mind mapping membantu siswa membuat ringkasan materi secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kampung bangun datar berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kelompang Timur 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimental. Penelitian menggunakan desain nonequivalent control group design. Materi yang digunakan dalam penelitian yaitu bangun datar. Sampel yang digunakan yaitu kelas III yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara undi sehingga kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes pilihan ganda berjumlah 15 soal.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh menggunakan media kampung bangun datar berbasis mind mapping adalah 75,63 sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh tanpa menggunakan media kampung bangun datar berbasis mind mapping adalah 61,31. Analisis penelitian melalui uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh media kampung bangun datar berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kelompang Timur 3 Pamekasan.


Ketersediaan
2131175/SB/2019KKI 372 SYA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SYA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 129hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Mind Mapping
Skripsi
Hasil Belajar Siswa
Media Kampung Bangun Datar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik