Electronic Resource
Pengaruh Media Kampung Bangun Datar Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Kelompang Timur 3 Pamekasan
Proses pembelajaran tematik, salah satunya dibutuhkan media pembelajaran dan metode yang berperan penting untuk memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru sehingga siswa mudah memahami materi. Media pembelajaran dan metode yang digunakan yaitu media pembelajaran kampung bangun datar dan metode mind mapping. Media kampung bangun datar dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan metode mind mapping membantu siswa membuat ringkasan materi secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kampung bangun datar berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kelompang Timur 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimental. Penelitian menggunakan desain nonequivalent control group design. Materi yang digunakan dalam penelitian yaitu bangun datar. Sampel yang digunakan yaitu kelas III yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara undi sehingga kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes pilihan ganda berjumlah 15 soal.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh menggunakan media kampung bangun datar berbasis mind mapping adalah 75,63 sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh tanpa menggunakan media kampung bangun datar berbasis mind mapping adalah 61,31. Analisis penelitian melalui uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh media kampung bangun datar berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kelompang Timur 3 Pamekasan.
2131175/SB/2019 | KKI 372 SYA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain