Electronic Resource
Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks Geografi Pada Materi Hidrosfer Kelas X Menggunakan Model Borg And Gall
Bahan ajar merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Jenis bahan ajar yang digunakan adalah buku teks. Kenyataannya, bahan
ajar buku teks yang digunakan masih memiliki kesalahan. Kesalahan utama ditemukan pada aspek materi. Materi hidrosfer adalah materi di kelas X yang
paling sulit disampaikan kepada siswa. Kesulitan ini dikarenakan dalam materi hidrosfer terdapat banyak konsep konkret. Penyajian konsep konkret bahan ajar
lebih mudah apabila disertai dengan gambar.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar buku teks geografi materi hidrosfer kelas X SMA/MA. Materi yang dikembangkan materi hidrosfer.
Model pengembangan dalam penelitian menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Tidak semua langkah digunakan dalam pengembangan ini. Langkah yang digunakan yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji produk pendahuluan, dan revisi produk
utama.
Hasil uji coba terbatas menunjukkan, siswa kelas X mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86,69 dalam tes pemahaman. Rata-rata hasil tes pemahaman
menunjukkan siswa memiliki pemahaman yang sangat baik terhadap bahan ajar buku teks hasil pengembangan. Hasil angket siswa menunjukkan aspek materi
memperoleh persentase sebanyak 86,57% (sangat efisien), bahasa 81,73% (efisien), dan desain 85,43% (efisien). Rata-rata nilai angket siswa sebesar
85,39% termasuk dalam kategori efisien.
Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) Bahan ajar buku teks geografi kelas X materi hidrosfer terdiri dari 92 halaman, yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu
pendahuluan, isi, dan penutup. 2) Kualitas pengembangan buku teks geografi pada materi hidrosfer memperoleh kesimpulan dari ketiga penilain validator adalah buku teks tersebut dapat digunakan karena sudah mencapai kategori baik. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat mengembangkan media gambar untuk materi hidrosfer dalam bahasa Indonesia.
2131163/SB/2019 | KKI 910 RIK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain