Electronic Resource
Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas v SD Negeri Clumprit 03 Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Clumprit 03. Populasi yang diambil di dalam penelitian ini adalah kelas V SDN Clumprit 03 Kab. Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, menggunakan penelitian populasi karena jumlah populasi dari subjek penelitian tidak lebih dari 100 responden. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi, sedangkan teknik pengumpulan data utama menggunakan angket dan studi dokumen sebagai data tambahan. Dari hasil perhitungan uji korelasi dengan menggunakan rumus product moment dengan bantuan SPSS 16.0 for windows diperoleh angka korelasi sebesar 0,930. Dengan demikian koefesiensi korelasi tersebut sangatlah signifikan, Karena koefisien korelasi sebesar 0,930 diantara angka (0,90- 1,00). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang singnifikan antara kemampuan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa. Artinya antara kemampuan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa mempunyai hubungan yang baik. Dari uji determinasi diperoleh nilai sebesar 86,49% menunjukan bahwa pengelolaan kelas memberikan kontribusi dengan variabel motivasi belajar siswa sebesar 86,49%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru untuk terus meningkatkan motivasi belajar siswa dan kepala sekolah hendaknya secara intensif memberikan motivasi dan bimbingan kepada guru-guru untuk lebih meningkatkan pengelolaan kelas, serta pengawasan terhadap pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru. Tanpa adanya pengawasan yang intens tidak menutup kemungkinan kinerja guru akan menurun.
2131152/SB/2019 | KKI 372 SAP h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain