Electronic Resource
Pengembangan Media Apron Flanel Untuk Menyusun Huruf Menjadi Kata Anak Kelompok B TK Eahid Hasyim
Bahasa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena dengan bahasa setiap orang akan mendapatkan informasi
Terdapat permasalahan pada aspek bahasa pada 27 anak di TK Wahid Hasyim Malang khususnya pada kemampuan menyusun huruf menjadi kata yaitu belum ada media yang dapat digunakan dalam mengasah kemampuan menyusun huruf menjadi kata. Dibutuhkan media yang dapat dijadikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran menyusun huruf menjadi kata. Media tersebut adalah media apron flanel
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan media apron flanel yang layak digunakan; (2) Menghasilkan media apron flanel yang dapat membantu meningkatkan kemampuan menyusun huruf menjadi kata pada anak kelompok B. Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Dick &
Carey, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 langkah dari 10 langkah yang ada. Langkah tersebut yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan; (2) analisis pembelajaran; (3) analisis pembelajar dan konteks; (4) merumuskan tujuan performansi; (5) mengembangkan instrumen; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif; dan (9) melakukan revisi
Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba, dinyatakan bahwa hasil persentase rata-rata kevalidan dari para ahli sebesar 87,25% dan persentase
rata-rata kevalidan hasil uji coba sebesar 93,74%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi dan uji coba sebesar 90,52% dan masuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan (Akbar, 2015:82).
Berdasarkan persentase yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media apron flanel sangat valid dan layak digunakan untuk mengasah kemampuan
menyusun huruf menjadi kata pada anak kelompok B TK Wahid Hasyim. Pemanfaatan media apron flanel yaitu tidak hanya digunakan pada pembelajaran
kemampuan menyusun huruf menjadi kata saja, akan tetapi dapat juga digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang lain juga.
2131145/SB/2019 | KKI 372 IRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain