Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gaya Kelas VIII SMP PGRI 02 Singosari Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Penerapan Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gaya Kelas VIII SMP PGRI 02 Singosari Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

Roberta Meli - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa yang diukur dalam penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi data yang diperlukan, (2) menerapkan strategi yang
tepat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) menjelaskan dan memeriksa hasil kebenaran sesuai konsepsi awal siswa. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menguji coba hal - hal baru dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penerapan strategi pembelajaran
konflik kognitif. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu eksperimen dengan rancangan penelitian posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajar strategi konflik kognitif lebih tinggi secara signifikan dari pada strategi pembelajar trsdisional. Berdasarkan percobaan serta pembahasan contoh soal secara mendalam dengan nilai rata-rata pra siklus 68.93. Dengan menggunakan pembelajar strategi konflik kognitif secara tepat ketuntasan belajar
pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 69.69 dibanding sebelum menggunakan pembelajar strategi konflik kognitif atau pra siklus. Pada siklus II
dari 33 siswa nilai rata-rata siswa mencapai 83.18 dan berada pada kualifikasi sangat baik.
Kualitas keterlaksanaan Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif dalam pembelajaran gaya pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 02 Singosari dalam pembelajaran fisika dalam penelitian ini mengalami peningkatan dimana siklus I sebesar 71.21 dan siklus II meningkat menjadi 83.18 dengan kualifikasi baik. Prestasi belajar siswa meningkat setelah menerapkan strategi pembelajaran konflik kognitif terlihat dari hasil tes siklus I sebesar 69.69 berkategori cukup baik dan meningkat menjadi 84.84 berkategori sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif membawa perubahan yang meningkat pada prestasi siswa.


Ketersediaan
2131114/SB/2019KKI 530 MEL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MEL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
vii, 156 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Strategi Konflik Kognitif
Meningkatkan Prestasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik