Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Just In Time Teaching (JITT) Berbasis Schoology Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Just In Time Teaching (JITT) berbasis Schoology dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Peelitian ini dilaksanakan di Smp Negeri 2 Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/ 2019. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 64 siswa yang terbagi dalam satu kelompok kelas eksperimen dan satu kelompok kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes prestasi belajar dan lembar observasi motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis varian anova dua jalur (two way anova).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada perbedaan prestasi belajar IPA (fisika) antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Just In Time Teaching (JITT) berbasis schoology dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikan 0,000< 0,05. Dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Just In Time Teaching (JITT) berbasis Schoology adalah 78,72 dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 64,97. (2) Ada perbedaan prestasi belajar IPA (fisika) antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi adalah 77,67 dan siswa yang memiliki motivasi rendah adalah 59,90. (3) Tidak ada pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran Just In Time Teaching (JITT) berbasis schoology dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dengan taraf signifikan 0,447> 0,05.
2131099/SB/2019 | KKI 530 BAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain