Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Di SMPN 5 Kepanjen
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMPN 5 Kepanjen tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis & McTaggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPN 5 Kepanjen. Pelaksana tindakan adalah peneliti sendiri, dan sebagai observer adalah teman sejawat. Data penelitian dikumpulkan melalui test, lembar penilaian hasil belajar siswa, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 69,5% dan pada siklus II meningkat mencapai 80%, (2) penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dengan persentase pada siklus I 68,83% dan pada siklus II 76,33%, (3) penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan persentase pada siklus I 71,94% dan pada siklus II sebesar 81,94%, (4) penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik dengan persentase pada siklus I sebesar 66,17% dan pada siklus II sebesar 76,60%.
2131072/SB/2019 | KKI 530 HAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain