Electronic Resource
Model Active Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A KB-TK Insan Kamil
Penerapan model active learning dalam sebuah pembelajaran merupakan upaya untuk mengasah pengetahuan serta kemampuan anak, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskripsi. Tujuan dari penelitian ini
untuk menjelaskan kegunaan ataupun manfaat dari penerapan model active learning untuk mengembangkan kreativitas anak. Data yang dikumpulkan
menggunakan teknik triangulasi yaitu wawancara kepada dua orang informan, observasi dan dokumentasi. Penerapan model active learning memerlukan
kerjasama antara guru dan anak didik, guru berperan sebagai fasilitator dalam hal penyedian media pembelajaran, penataan ruang kelas, sikap atau cara membuat siswa aktif dalam pembelajaran serta sebagai pengawas ketika anak didik melakukan aktivitas pembelajaran, sedangkan peran anak didik adalah sebagai pelaku melakukan aktivitas pembelajaran. Setiap kendala yang dihadapi oleh guru dalam membimbing anak didik dapat diatasi dengan sikap sabar dan tidak putus asa, sehingga penerapan model active learning dapat berjalan dengan baik.
2131052/SB/2019 | KKI 372 KIO m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain