Electronic Resource
Pengembangan Panduan Bimbingan Pribadi Dalam Meningkatkan Harga ( Self-Esteem ) Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Ampelgading Satu Atap
Harga diri (self-esteem) rendah menyulitkan siswa dalam berinteraksi sosial. Melalui angket kebutuhan dari siswa, mereka membutuhkan layanan bimbingan pribadi untuk meningkatkan harga dirinya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa adalah dengan dikembangkannya media panduan bimbingan pribadi dalam meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa, dengan harapan setelah diberikan layanan bimbingan pribadi siswa memiliki kriteria harga diri (self-esteem) yang tinggi.
Model pengembangan yang dilakukan adalah model Research and Development (R&D) dari Borg and Gall. Pengembangan panduan berlangsung sebagai berikut: (1) mengumpulkan need assesment, (2) menentukan tujuan, (3) membuat produk, (4) Uji ahli, (5) revisi uji ahli, (6) uji lapangan terbatas. Penilaian dilakukan oleh ahli Bimbingan dan Konseling. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah populasi 20 siswa. Produk pengembangan berupa media panduan telah melalui proses penilaian uji ahli dan revisi dengan mendapatkan hasil skor rata-rata 3,9 dari ahli I dan skor rata-rata 3 dari ahli II, dengan demikian dapat dikatakan bahwa media panduan bimbingan pribadi dalam meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa kelas VIII layak, sesuai teori, tepat dan memadai sebagai media pemberian
layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan harga diri(self-esteem) pada siswa setelah diberikannya layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan harga diri (self-esteem) yang terdapat dalam media panduan, hal ini ditunjukkan dari hasil pretest sebanyak 75% siswa memiliki tingkat harga diri (self-esteem) rendah dan 25 % memiliki tingkat harga diri (self-esteem) sedang, sedangkan pada hasil posttest didapatkan dengan hasil sebanyak 10% siswa memiliki tingkat harga diri (self-esteem) sedang, 80% memiliki tingkat harga diri (self-esteem) tinggi, dan 10 % memiliki tingkat harga diri (self-esteem) sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian media panduan sangat berguna, menarik, mudah, dan tepat guna dalam meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa.
2131041/SB/2019 | KKI 371.4 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain