Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Lingkungan Sosial Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang

Electronic Resource

Pengaruh Lingkungan Sosial Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang

Namang, Petrus Yos - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd, M.Pd - Nama Orang; Neyla Eka Susanti - Nama Orang;

Lingkungan sosial merupakan tempat belajar berkenaan dengan interaksi manusia dengan masyarakat untuk memperoleh ilmu pengetahuan formal, karena disekolah terdapat kurikulum sebagai rencana pendidikan dan pengajaran. Sumber belajar merupakan semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar. Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan yang dicapai oleh mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Wagir Malang. (2) Rata-rata posttest hasil belajar IPS pada kelas yang akan diberikan metode pemanfaatan lingkungan sosial sebagai model pembelajaran lebih tingggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah, (3) Metode pemanfaatan lingkungan sosial lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Wagir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttets Nanoquivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII E dan Kelas VIII F SMP Negeri 2 Wagir tahun ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tidak ada perbedaan rata-rata nilai pretest mata pelajaran IPS pada kelas yang akan diberi metode pemanfaatan lingkungan sosial sebagai model. (2) Nilai rata-rata posttest hasil belajar IPS pada kelas yang akan diberikan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai model pembelajaran lebih tinggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah, (3) Pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sosial sebagai sumber belajar lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Wagir Tahun ajaran 2018/2019.


Ketersediaan
2131026/SB/2019KKI 910 NAM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 NAM p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
vii, 55 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
hasil belajar.
Skripsi
Sumber Belajar
Pemanfaatan Lingkungan Sosial
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik