Electronic Resource
Pengaruh Video Berbasis 3N Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Muatan Seni Tari Siswa Kelas III Di SDN Bandungrejosari 3 Malang
Pendidikan seni di sekolah dasar dikemas dalam muatan SBdP pada pembelajaran tematik. Berbagai pendekatan kearifan lokal dilakukan untuk mempermudah daya pemahaman siswa, salah satunya adalah konsep 3N milik Ki Hadjar Dewantara. Tidak hanya itu, guru juga memerlukan media konkrit untuk menunjang pembelajaran. Video berbasis 3N merupakan media pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Pada video terdapat tahap 3N yaitu niteni (mengamati), nirokke (menirukan),dan nambahi (menambah). Tingkat pemahaman siswa tentu akan berpengarh terhadap hasil belajar. Hasil belajar didapat setelah melakukan pembelajaran berdasarkan kriteria penilaian yang sudah ditentukan yang menjadi sebuah pencapaian siswa dalam perubahan kemampuan belajar yang didapat dari pengalaman. Hasil belajar pada penelitian ini fokus pada ranah psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh video berbasis 3N terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan seni tari siswa kelas III di SDN Bandungrejosari 3 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Bentuk rancangan yang diambil non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN Bandungrejosari 3 Malang dengan jumlah sampel 62 siswa. Kelas IIIA yang berjumlah 30 siswa digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan video berbasis 3N sedangkan kelas IIIB yang berjumlah 32 siswa digunakan sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan
video berbasis 3N. Data yang diperoleh berdasarkan dari pretest dan postest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Independent Samples t tests dengan bantuan SPSS 16.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi 0,002 < 0,050. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak, artinya dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan video berbasis 3N terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotor. Penggunaan video berbasis 3N mempermudah siswa dalam menangkap materi yang diajarkan dan siswa untuk terlibat aktif selama pelajaran.
2130997/SB/2019 | KKI 372 PER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain