Electronic Resource
Efektifitas Media Audio Visual Bagi Peningkatan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelompok A Di KB, TK Model Kota Malang Tahun Ajaran 2018/2019
Penelitian ini dilatarbelakangi kelompok A di KB, TK Model kota Malang dan menemukan permasalahan dalam kemampuan berhitung masih rendah, karena
dalam pembelajran guru jarang menggunakan media pembelajaran yang memicu perkembangan berpikir anak. Hal ini membuat peserta didik cepat merasa bosan, berbicara sendiri dengan teman sehingga dalam proses belajar mengajar peserta didik belum mampu berhitung dengan baik. Maka dari itu peneliti, ingin mengenalkan media pembelajaran menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, efektifitas kemampuan berhitung melalui media audio visual pada anak kelompok A. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan pola pretest dan posttest two group, yaitu ada pemberian tes awal sebelum di berikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan berhitung. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelompok A dengan jumlah 52 peserta didik. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik sampling non probability dan di peroleh kelas A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas A2 sebagai kelas kontrol .
Instrument dalam penelitian ini di antaranya adalah dokumentasi, observasi. Sedangkan instrument untuk pengambilan data adalah tes pretes dan
posttest, dan hasil uji coba instrument yang di nyatakan valid dan realiabel. Teknik analisis data yang di gunakan untuk menganalisa data adalah dengan menggunakan bantuan computer SPSS for windows versi 22.00.
Berdasarkan penelitian mengetahui bahwa nilai t sebesar - 26.532 untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sesudah penerapan pembelajaran
memiliki signifikan sebesar 0.000 yang berarti lebih kecil dari signifikansi 0,05. Hal ini dapat membuktikan bahwa efektifitas media audio visual dapat
meningkatkan kemampuan berhitung pada peserta didik kelompok A KB, TK Model kota Malang.
2130993/SB/2019 | KKI 372 KED e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain