Electronic Resource
Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMPN 2 Kepanjen
Perkembangan teknologi informasi komunikasi, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi memudahkan siswa dalam proses belajar, lingkungan keluarga yang baik membantu siswa dalam belajar dan memiliki motivasi dalam diri siswa, maka dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) pengaruh perkembangan teknologi informasi komunikasi,
lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu (2) pengaruh perkembangan teknologi informasi komunikasi terhadap hasil belajar IPS Terpadu (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS Terpadu (4) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen berjumlah 127 siswa, dengan sampel penelitian sebesar 10% dari populasi yang ada yaitu 56 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan bantuan kompter menggunakan program SPSS versi 22,0 for windws. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan Perkembangan teknologi informasi komunikasi, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial Perkembangan teknologi informasi komunikasi terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS Terpadu (4) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Implikasi: diharapkan dengan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi dalam dunia pendidikan dapat membantu siswa dalam belajar, lingkungan keluarga yang berperan dalam proses belajar siswa serta adanya motivasi dalam diri siswa untuk belajar dapat meningkatkan hasil belajar.
2130989/SB/2019 | KKI 371.657 KLA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain