Electronic Resource
Pengaruh Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Dan Model Pembelajaran Recirocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Penelitian ini membahas tentang Pendekatan Student Centered Learning(SCL), Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, dan Kemampuan Berpikir Kritis di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang, Berpikir Kritis merupakan merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis diantaranya; Pendekatan Student Centered Learning(SCL) dan Model Pembelajaran Reciprocal
Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh Pendekatan Student Centered Learning(SCL), Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang(2) Pengaruh Pendekatan Student Centered Learning(SCL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik (3) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif , jenis penelitian ini adalah ex post facto. Metode statistik penelitian menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019, teknik pengambilan sampel penelitian
menggunakan simple random sampling sejumlah 100 peserta didik atau 30% dari populasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik diantaranya, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokesdastisitas, uji autokorelasi pada pengujian hipotesis yaitu menggunakan uji R, uji F dan uji t.
Temuan pada penelitian ini terdapat : (1) Pengaruh signifikan Pendekatan Student Centered Learning(SCL) dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis (2) Pengaruh yang signifikan Pendekatan Student Centered Learning(SCL) terhadap kemampuan berpikir kritis (3) Pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis
2130983/SB/2019 | KKI 371.657 SUH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain