Electronic Resource
Keefektifan Teknik Response Cost Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V A Sekolah Dasar Islam Salafiyah Khairuddin Gondanglegi Kab. Malang
Kedisiplinan belajar merupakan perilaku yang menunjukkan ketaatan dan ketertiban terhadap tata tertib, norma dan nilai yang berlaku dalam mencapai tujuan belajarnya. Kedisiplinan belajar merupakan penentu keberhasilan dalam belajar. Berbagai macam alternatif cara dilakukan sekolah untuk mendisiplinkan peserta didiknya. Salah satu alternatif tersebut adalah teknik response cost. Response cost (denda) merupakan teknik dalam modifikasi perilaku yang didasarkan pada metode operant conditioning. Response cost menarik kembali sejumlah pengukuh yang telah diberikan untuk suatu perilaku target tertentu. Pengukuh yang digunakan dalam penelitian ini adalah token yang setiap hari siswa diberi dengan jumlah berbeda tiap harinya, dan token tersebut akan ditukar pada akhir periode dengan hadiah yang telah disepakati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik response cost efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini terdapat 2 variabel, yaitu variabel bebas (x) teknik response cost dan variabel terikat (y) kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VA di SD Islam Salafiyah Khairuddin berjumlah 8 siswa. Subjek diambil berdasarkan teknik purposive sampling, peneliti mendapatkan subjek melalui informasi dari guru kelas siswa manakah yang sering menunjukkan perilaku tidak disiplin. Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan skor, hasil posttest mengalami kenaikan skor yang signifikan dari skor pretest, dari yang sebelumnya memiliki skor ratarata 32 menjadi rata-rata 54. Setelah peneliti melakukan penelitian, maka diperoleh hasil dengan uji Wilcoxon yaitu Z hitung -2,524 dan Sig. (2-tailed) adalah 0,012 < 0,05 artinya teknik response cost efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SDI Salafiyah Khairuddin Gondanglegi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diberikan adalah kepada pihak sekolah diharapkan mengaplikasikan teknik response cost untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Bagi peneliti lain diharapkan melakukan penelitian lebih mendalam dan juga menambahkan subjek penelitiannya. Karena karya penelitian ini masih jauh dari kata sempurna.
2130981/SB/2019 | KKI 371.4 IST k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain